Jumat, 07 Desember 2018

Hal Yang Perlu Di Lakukan Setelah Buat Blog

Membuat blog tentu siapa saja bisa membuatnya, namun taukah anda setelah membuat website atau blog ada hal yang harus anda lakukan supaya blog atau website anda muncul dipenelusuran.

Baik saya akan membagikan sedikit tips untuk anda, apa saja yang harus dilakukan setelah buat blog, simak dibawah ini yah,
1. Submit Website Anda ke Google Webmaster Tool
Jika website anda ingin cepat terindex google maka jangan lupa submit website atau melakukan verifikasi website ke google webmaster dengan cara masuk ke => https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in <= setelah itu verifikasikan baik menggunakan HTML Tags atau Upload di Public_Html, bisa juga dengan txt dan cname di DNS Zone, setelah anda lakukan langkah tersebut anda klik konfirmasi, apabila sudah terverifikasi, jangan lupa di search console klik, crawl, dan klik sitemap lalu tulis sitemap blog anda.

Jika blogger tidak perlu melakukan ini, karena blogger adalah produk dari google jadi sudah otomatis ada di search console namun blogger tinggal submit sitemap.

2. Jangan lupa masukan gambar di setiap postingan.
Gambar juga merupakan faktor penting dalam hal SEO, tidak hanya itu, bahkan jika postingan anda di share ke media sosial pun akan lebih menarik.

3. Jangan lupa publikasikan post anda ke google plus.

4. Jangan lupa dengan schema structured data.
Jika satu sampai tiga sudah tidak asing bagi seorang blogger, maka yang ke 4 jarang di ketahui.

Schema Structured Data bagi saya sangat bermanfaat sekali, taukah anda dengan mengaktifkan atau menambahkan Schema Structured Data seperti pada hari/bulan/tahun dan jam berapa anda publish maka ketika anda publish, orang melihat sebuah artikel baru di google website anda akan muncul dengan berapa menit yang lalu atau kapan artikel ini dipublish, namun satu hal lagi yang harus kamu ketahui yaitu Last Modified, jika anda memperbaharui post anda dan anda publish kembali maka menit jam dan hari akan muncul juga jadi serasa lebih fresh 😂😂😂.

5. Tambahkan HTML Sitemap.
Jika tadi pada nomer 1 bernama Sitemap / Feed yang bisa anda submit ke webmaster maka HTML Sitemap tidak perlu submit ke webmaster, cukup anda buat dan tambahkan sebuah kode di sebuah halaman dan bisa berupa post berdadarkan label atau hanya post baru yang akan muncul. Anda bisa lihat contoh sitemap HTML sederhana di blog ini https://www.hasanbahtiar.com/p/sitemap.html

Sitemap HTML tak kalah pentingnya bahkan dengan membuatnya bisa berperan dan memiliki fungsi besar dalam membantu pengunjung untuk dengan mudah menavigasi situs Anda. Dengan hanya mengikuti tautan Anda, pengunjung akan dapat menemukan semua informasi yang mereka inginkan.
Disqus Comments