Jumat, 02 November 2018

Pelajar Asal Cilacap Ciptakan Tisu untuk Obati Rabun Mata



Baru-baru ini, dua pelajar asal SMA Negeri 1 Adipala, Cilacap, Jawa Tengah berhasil menciptakan tisu yang diklaim mampu menyembuhkan rabun mata. Tisu tersebut diberi nama Tisu Anti Rabun Mata.

Dirangkum Himedik dari beberapa sumber, dua pelajar tersebut bernama Yasmin Putri Dewi dan oki Susilowati. Mereka mengatakan bahwa tisu buatannya bisa membantuk mengobati rabun mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, atau silinder.

''Tisu ini bisa menurunkan kadar rabun pada mata, terbukti dengan beberapa responden dalam riset kami yang matanya kembali normal setelah memakai Tisu Anti Rabun Mata,'' ungkap Yasmin dalam acara Indonesia Science Expo (ISE) 2018 di ICE BSD City, Tangerang.

Yasmin menambahkan, klaim ini berdasarkan hasil penelitian yang mempelajari orang-orang dengan usia berbeda dan juga memiliki kondisi rabun mata yang beragam. ''Kami menemukan ada orang dengan kondisi mata silinder atau minus empat,'' imbuhnya.

Tisu Anti Rabun ini terbuat dari ekstrak akar ilalang, daun som jawa atau gingseng jawa, dan daun mangkokan. Dari kombinasi bahan-bahan tersebut, tisu ini mengandung sejumlah zat seperti fenolat, flavonoid, tannin, dan vitamin A.

Berdasarkan hasil tes laboratorium kimia Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, zat tersebut baik bagi mata serta bisa memperbaiki jaringan mata yang rusak. "Jadi fenolat dan flavonoid membantu memulihkan kerusakan sel mata, sementara vitamin A memperkuat kondisi mata," kata Oki.

Oki memaparkan bahwa penelitian sukses membuat mata para respoden membaik setelah menggunakan tisu buatan mereka selama tiga hingga lima hari.

Praktiknya, mereka menggunakan tisu tersebut dengan cara mengompres matanya sebanyak dua hingga tiga kali selama 15 menit. "Ini bisa jadi solusi baru buat mereka yang punya mata minus, plus, atau silinder," pungkas Oki.

Sumber: Himedik.com
Disqus Comments