Sabtu, 17 November 2018

Menjadi Blogger Jangan Untuk Mengharapkan Pujian dan Uang



Hasanbahtiar.Com - Kali ini saya ingin memberikan sedikit tulisan yang semoga bisa bermanfaat, khususnya bagi yang ingin menjadi blogger, atau blogger blogger baru.

Ada pertanyaan yang sering dikatakan orang kepada saya, dari kapan kamu mulai ngeblog, apa saja yang sudah kamu hasilkan atau dapatkan dari ngeblog? Begitulah pertanyaan orang kepada saya.

Tidak hanya itu bahkan orang ada pikiran dan ingin mengatakan sesuatu, akan tetapi tidak enak hati untuk mengatakannya, pikiran itu terkait ngeblog dan uang, orang berfikir untuk apa ngeblog dapat uang tidak, untuk apa ngeblog jadi duit ngga?

Saya hanya bisa mengatakan, blog adalah sarana untuk menuangkan ide/gagasan, menuangkan ilmu, atau menuangkan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain melalui sebuah tulisan, tidak hanya itu, bahkan dari blog bisa berbagi sebuah tutorial, seperti game, cara dan lain-lain.

Adapun mengenai saya memulai dunia ngeblog yaitu pada tahun 2011, yang bermula dari mencari sebuah tutorial di internet khususnya google mengenai Handphone dan cara menggunakanya, dan menemukan sebuah tulisan di google yang diarahkan ke sebuah platfrom blog bernama mywapblog, dan sering sekali ketika mengetikan cara-cara terkait hp di google masuk ke sebuah blog mywapblog, pada waktu itu saya melihat setiap artikel yang saya lihat di bawah footer selalu ada tulisan mywapblog, dan nama penulisnya berbeda serta nama awalan blognya juga beda, dan yang membuat tulisan-tulisan itu adalah anak muda yang membuat saya mencari tau, dan menjadi blogger juga.

Ngeblog untuk tujuan mencari uang tidak akan pernah didapatkan, sekalipun punya blog banyak sekalipun menggunakan domain sendiri yang tidak ada embel-embel blogspotnya atau wordpressnya, ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Tapi ko ada Iklan Google/Adsensenya? Sekalipun beradsense non hosted yang dipasang di banyak blog mengandalkan pendapatan dari adsense itu tidak akan diperoleh kecuali sangat kecil.

Pengalaman pribadi saya, saya pernah pasang adsense non hosted yang saya miliki di banyak blog dengan domain berbayar, di banyak blog itu per hari tidak menentu, terkadang 2000, 500 bahkan 50 rupiah, ya memang google tetep mengisi dan menambahkan saldo adsense setiap hari dan tidak sampai 0, itulah keunggulan Google Adsense daripada yang lain, namun menggantungkan pendapatan darinya dab sebagai mata pencaharian bagi saya suatu yang konyol, karena banyak blogger jadi stress karenanya, berusaha menulis menshare tulisan, saling BW(Blog Walking) agar bisa saling dapat duit yang hanya menghabiskan waktu.

Dari situlah kenapa saya masih bertahan ngeblog, karena tujuan saya ngeblog bukan untuk uang tapi sebagai sarana mengisi atau menuangkan sesuatu.

Saya rasa yang bisa ngeblog atau seorang blogger banyak juga, akan tetapi berhenti ngeblog karena kesibukan aktifitas seperti pekerjaan, dan lelah dikarenakan ngeblog yang pernah dilakukannya tidak menghasilkan.

Maka dari itu jika tujuan menjadi blogger adalah uang, lebih baik simpan saja, dari yang saya tau justru blogger-blogger berpenghasilan lebih dari upah minimum UMR di Ibukota, bukan karena uang akan tetapi karena kesungguhannya menulis dan berbagi sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.
Mengenai Pujian: ada sebuah ungkapan mutiara: "Apalah Arti Pujian Manusia Jika Tuhan Menghinakanmu, dan Apalah Arti Hinaan Manusia Jika Tuhan Memujimu"
Sobat, Pujian atau tidaknya yang terpenting adalah niat untuk berbagi.
Sekian dari saya.
Happy Blogging!
Disqus Comments