Senin, 05 November 2018

Kereta Banyuwangi-Cilacap yang baru diluncurkan populer di kalangan wisatawan



Kereta KA Wijaya Kusuma yang baru saja diluncurkan yang menghubungkan Banyuwangi di Jawa Timur dan Cilacap di Jawa Tengah telah mendapatkan popularitas yang signifikan di kalangan wisatawan.

Diperkenalkan pada 1 September, kereta saat ini membawa 180 persen dari kapasitasnya dalam satu perjalanan. Jumlah ini berasal dari jumlah total penumpang yang memulai dan menurunkan kereta api dalam perjalanan.

“Laporan dari rute baru Cilacap - Banyuwangi bagus, [menunjukkan] minat wisatawan. [Ini karena] peningkatan pesat wisata ke Banyuwangi, ”Mukti Jauhari, operator kereta api negara bagian PT KAI, wakil direktur Korporasi Pemasaran dan Penjualan Penumpang, mengatakan selama konferensi pers KAIExpo 2018 pada hari Selasa sebagaimana dikutip oleh kompas.com .

Mayoritas wisatawan yang menuju ke Banyuwangi berasal dari Yogyakarta, Surakarta di Jawa Tengah dan Madiun di Jawa Timur, sedangkan yang menuju ke Cilacap sebagian besar turun di Surabaya, Jawa Timur.

Bagi wisatawan yang berangkat dari Jakarta ke Banyuwangi, Mukti merekomendasikan transit di Yogyakarta, sedangkan wisatawan dari Bandung di Jawa Barat dapat transit di Surakarta.

KA Wijaya Kusuma memiliki empat mobil kelas eksekutif dengan kapasitas 200 penumpang dan tiga mobil kelas premium yang dapat menampung 192 penumpang. Sebelumnya, KA Sritanjung, yang hanya memiliki kursi kelas ekonomi, adalah kereta tunggal yang tersedia di rute ini.

Kereta dijadwalkan berangkat setiap hari dari Banyuwangi pukul 11:05 pagi dan tiba di Cilacap pada pukul 4:42 pagi hari berikutnya, sementara perjalanan kembali dijadwalkan untuk keberangkatan jam 2:10 sore dari Cilacap dan pukul 7:02 pagi di Banyuwangi keesokan paginya.

Sumber: thejakartapost.com
Disqus Comments