Minggu, 18 November 2018

Cara Membuat Halaman Single Blog Tersendiri di Wordpress

Hasanbahtiar.com - Apakah Sobat sudah tau, membuat halaman single blog tersendiri di Wordpress Self Hosted?

Biasanya jika kita membuat sebuah website dengan Wordpress Self Hosted, akan disuguhi dengan banyak tema dan plugin, atau menggunakan tema premium yang di beli di themeforest atau mythemeshop, dll.

Dari bermacam-macam tema wordpress tersebut ada yang mendukung halaman blog tersendiri, Jika biasanya di dashboard area wordpress menjumpai menu seperti: Post, Halaman, Gambar, disini anda akan melihat menu dengan nama "BLOG", anda bisa lihat screenshot dibawah ini:

Di sini kita akan menjumpai menu blog, bahkan bisa juga kita membuat post baru di dalamnya, kemudian artikel yang kita buat tadi akan terlihat dengan URL domain.com/blog/post.

Jadi yang saya akan bahas bukan membuat Blog seperti di screenshot dibawah ini:

Kira-kira anda sekarang paham tidak apa yang saya tulis disini, saya rasa dengan screenshot diatas anda sudah paham maksud saya.

Fungsi dari membuat halaman "blog" dan aliran post dari domain.com/blog adalah agar website anda memiliki sebuah artikel, jika anda mengelola website toko online di wordpress, website anda hanya menyajikan produk yang anda jual, berati pengunjung ke website anda hanya dari produk yang anda jual.

Blog seperti ini sering digunakan oleh website penyedia hosting atau toko online yang berguna untuk memberikan sebuah tutorial dan cara, bahkan berita, jika anda submit artikel di Viva.co.id kemudian artikel anda disetujui akan terlihat Alamat URL Post anda dengan alamat https://viva.co.id/blog/artikel.

Bagi saya sangat bermanfaat sekali, selain bisa untuk memberikan tutorial, juga bisa menjadi tempat untuk submit artikel.

Nah, jika anda berminat menggunakan Custom Blog di wordpress seperti ini, anda cukup mendownload dan menginstall Plugin yang bernama Simple Blog yang bisa download di sini:
https://wordpress.org/plugins/simple-blog

Atau anda bisa mengetikan "Simple Blog" di Menu kotak pencarian Add New Plugin.

Caranya:
1. Silahkan anda Install Plugin Simple Blog dan Aktifkan di Dashboard Wordpress atau anda bisa juga Upload file dengan format .zip tersebut di FTP/Cpanel di Wp-Content/Plugins setelah itu Extract dan Aktifkan Plugin di Dashboar Area.
2. Masuk Kembali ke Cpanel, File Manager, Wp-Content, Plugins, klik Simple-Blog dan Copy Folder dengan nama "simpleBlog" kedalam tema yang anda gunakan.
3. Masuk ke Dashboard area Wordpress anda, ubah pengetaruan permalink domain anda (terserah apa saja) klik save kemudian kembalikan lagi ke permalink seperti yang semula anda gunakan, fingsinya untuk merefresh halaman blog tadi.

Sekian Tutorial dari saya.
Happy Blogging!!!
😊😊😊
Disqus Comments