Minggu, 24 Juni 2018

Wisata Sasak Cirahong di Kabupaten Ciamis


Hasanbahtiar.com - Sasak Cirahong, Sasak berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah Jembatan, Jembatan Cirahong adalah jembatan kereta api yang terletak di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis, tepatnya di Manonjaya, Tasikmalaya dan Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Sejarah
Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1893 yang merupakan bagian dari pembangunan rel kereta api jalur selatan di Pulau Jawa oleh Pemerintah Belanda.

mengenai Sasak Cirahong
Jembatan ini melintas di atas Sungai Citanduy yang merupakan perbatasan dari kedua kabupaten tersebut. Jembatan ini mempunyai nomor BH 1290 dan berada di timur Stasiun Manonjaya Daerah Operasi 2 Bandung.

Jembatan ini menggunakan konstruksi baja yang banyak dan cukup rapat. Jembatan yang memiliki panjang 202 meter ini merupakan jembatan yang unik, karena memiliki 2 fungsi. Bagian atas jembatan berfungsi untuk lalu lintas kereta api, sedangkan bagian bawah jembatan berfungsi untuk lalu lintas kendaraan.

Namun kendaraan yang melintas harus bergantian masuk, karena ukuran jembatan yang sempit. Jembatan ini merupakan jalur alternatif dari Tasikmalaya menuju Ciamis lewat Manonjaya dan sebaliknya. Jembatan Cirahong merupakan Dalah Satu jembatan peninggalan belanda di Kabupaten Ciamis.


Disebelahnya tepat dari arah ciamis sebelum melintasi jembatan ke Manonjaya Tasikmalaya atau sesudah melewati jembatan dari arah Manonjaya, Tasikmalaya ke arah Ciamis, ada sebuah Rumah Makan Lesehan yang bernama Rumah Makan Batu Hitam, Rumah Makan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dan tempatnya berhadapan langsung ke arah Sasak Cirahong, jadi sobat kalau makan disini langsung disuguhi pemandangan jembatan yang panjang melewati sungai dan pepohonan yang hijau, apalagi kalau bawa pasangan, sambil menikmati hidangan di lesehan dan langsung disuguhi pemandangan indah, pokoknya bikin suasana jadi romantis deh 🙊,

Demikianlah saya bagikan kepada Anda, seputar info wisata di Ciamis, semoga bermanfaat dan bisa menjadi tempat tujuan wisata yang menyenangkan, juga menenangkan pikiran dari kepenatan.
Alamat: Jl. Raya Cirahong, Pawindan, Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat 46197
atau
Jembatan Cirahong, Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Panyingkiran, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46218.
Disqus Comments