Selasa, 12 Juni 2018

Pemudik Harus Berhati-hati Lalui Jalur Majenang-Banjar


Hasanbahtiar.com - Ruas Jalan Raya Majenang-Banjar, adalah satu di antara jalur yang digunakan untuk mudik. Namun, di kilometer 9, tepatnya Jalan Cikukun, Desa Adimulya, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, fasilitas penerangan jalan umum padam sudah setahun belakangan ini.

Padamnya lampu penerangan jalan menimbulkan kekhawatiran bagi sejumlah pengendara yang melintasi jalan tersebut. Selain gelap di malam hari, jalan tersebut yang merupakan kawasan perkebunan karet jauh dari pemukiman. Di sisi jalan terdapat jurang yang bisa mengancam kendaraan.

Saat malam hari, suasana gelap membuat kawasan itu rawan terjadi tindakan kejahatan. Menurut Nino warga setempat yang juga pemilik warung, gelapnya kawasan Cikukun karena matinya lampu penerangan jalan umum sudah berlangsung lama hampir setahun belum ada perbaikan. “Saya pernah sekali melihat ada petugas yang melakukan perbaikan karena salah satu tiang PJU (penerangan jalan umum, red) menimpa jalan akibat terseret longsor,” katanya.

Nino menambahkan, kondisi jalan yang menikung dan menanjak dari kedua arah rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Bahkan sering terjadi kecelakaan tunggal kendaraan terjungkal saat menikung tajam.

Kepala Pos Pelayanan Operasi Ketupat Candi Wanareja Iptu Iwan Efendi SH saat dikonfirmasi SatelitPost membenarkan kondisi ruas jalan Cikukun gelap akibat lampu yang terpasang tidak berpungsi. Menurutnya kondisi jalan yang menikung dan menanjak terutama pada malam hari. Selain rawan terjadi kecelakaan juga rawan tindak kejahatan mengingat lokasi tersebut kiri kanan kawasan hutan karet jauh dari pemukiman.

Pada kesempatan tersebut dia meminta agar pihak terkait segera melakukan perbaikan atas tidak berfungsinya lampu taman dan PJU yang ada di lokasi tersebut. Mengingat ruas jalan tersebut digunakan jalur mudik dan balik masa Lebaran 2018.

Dia mengatakan, gelapnya jalan juga dapat membahayakan bagi pengendara yang belum tahu kondisi jalan tersebut. Hal itu bisa mengancam terjadinya kecelakaan maupun tindak kriminalitas.

“Padamnya lampu itu sudah berlangsung cukup lama. Jadi selayaknya cepat diperbaiki. Selain rawan kecelakaan juga memancing pelaku tindak kriminalitas terlebih bagi pemudik yang melewati jalan itu,” ujarnya.

Pantauan SatelitPost di sepanjang Jalan Cikukun sampai dengan Cilanggir dari 45 lampu PJU yang terpasang hanya 19 lampu yang menyala sisanya mati.

Hasanbahtiar.com/satelitpost.com
Disqus Comments