Senin, 26 Maret 2018

Persilangan Harimau dan Singa yang membuat Viral dan Geger Dunia


Dalam dunia makanan, kita mengenal istilah food hybrid alias persilangan dua makanan sehingga menghasilkan kreasi kuliner yang unik dan khas. Sebut saja cronut yang merupakan perpaduan croissants dan donuts. Bagaimana dengan dunia binatang?
Persilangan antar spesies untuk 'menghasilkan' satu makhluk hidup baru juga terjadi. Entah persilangan di alam bebas atau campur tangan manusia. Inilah binatang hasil persilangan antara dua jenis binatang yang berbeda, sebagaimana dilansir TribunTravel.com dari berbagai sumber: Dari namanya saja sudah ketahuan kan persilangan hewan apakah ini? Yaps, lion (singa jantan) dengan tiger (harimau betina). Persilangan singa (Panthera leo) dan harimau (Panthera tigris) hanya bisa terjadi atas campur tangan manusia.
Mereka hanya hidup di penangkaran dan tumbuh jadi kucing berukuran sangat besar, jauh lebih besar ketimbang kedua induknya. Walaupun ukurannya besar, stamina liger tidak lebih baik dibandingkan induknya sebab mudah terserang penyakit. Seperti kedua induknya, liger adalah karnivora alias pemakan daging.
Liger juga suka berenang seperti harimau. Bentuk kepala liger seperti singa, sedangkan wajahnya mirip harimau. Biasanya, bulu liger berwarna keemasan, cokelat, atau seperti pasir, namun ada garis-garis samar seperti yang ada pada harimau. Liger jantan tidak memiliki surai seperti singa jantan. Tubuh bagian bawah liger berwarna lebih pucat seperti harimau. Liger terbesar yang pernah ada, hidup di Junge Land di Miami, Amerika Serikat. Liger bernama Hercules itu berat badannya mencapai 410 kg
Kebalikan dari liger, tigon merupakan hasil dari perkawinan silang antara harimau jantan (tiger) dan singa betina (lion). Jika liger berbadan besar karena mewarisi sifat singa jantan, sebaliknya tigon.
Ukuran badan tigon lebih kecil ketimbang induknya dan bentuknya lebih mirip singa, sedang warnanya mirip harimau. Tigon juga berwarna oranye atau punya loreng. Keunikan lainnya, tigon jantan memiliki surai dan tigon betina malah lebih mirip liger, bedanya ada pada ukuran tubuhnya. Sama seperti induknya, hewan ini juga karnivora dan uniknya, dapat menirukan suara auman kedua induknya! Sama seperti liger, tigon juga lebih mudah terserang penyakit. Tigon paling terkenal di dunia adalah tigon betina bernama Maude. Semasa hidupnya, Maude hidup di Kebun Binatang Belle Vue di Manchester, Inggris. Jasad Maude sekarang diawetkan dan dipajang di Museum Manchester. Halaman sebelumnya Halaman Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Inilah Hewan 'Baru' Hasil Persilangan Singa dan Harimau yang Bikin Geger Dunia, bangka.tribunnews.com
Disqus Comments