Kamis, 04 Januari 2018

Ragam Fitur Menarik Smartphone yang akan Tren di 2018


Tahun 2017 baru saja kita lewati, ada beberapa catatan penting dari dunia gadget khususnya smartphone yang beredar di tanah air dan seluruh dunia. Banyak fitur-fitur baru yang muncul belakangan ini langsung digemari oleh pengguna smartphone.
Penggemarnya pun tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga di belahan dunia lainnya. Fitur-fitur smartphone tersebut ada yang mengalami pembaruan, ada juga yang merupakan inovasi baru. Dari sekian banyak fitur smartphone ada beberapa yang akan tren di tahun 2018 ini
Berikut fitur-fitur smartphone yang akan tren di tahun 2018 : 

Layar Penuh dan bezel-less. Layar penuh seperti iPhone X akan semakin digemari begitu juga dengan layar bezel-less atau layar dengan hampir tanpa tepi ini akan tetap digemari oleh pengguna smartphone di mana pun. Karena dianggap lebih luas saat digunakan untuk membaca teks, menonton video, atau bermain game. 

Ukuran smartphone akan kembali mengecil. Ukuran smartphone kalau beberapa tahun ini banyak yang berukuran besar atau sering disebut phablet tetapi tahun 2018 diprediksi pengguna smartphone akan mencari smartphone yang lebih nyaman digenggam yakni antara 5 hingga 5,5 inci, dan ukuran smartphone akan lebih tipis dibandingkan tahun 2017. 

Baterai berkapasitas besar. Walaupun ukuran smartphone lebih kecil tetapi kapasitas baterainya lebih besar. Karena pengguna smartphone saat ini menyukai smartphone berkapasitas besar bahkan diprediksi standar minimal baterai yang akan disematkan pada smartphone adalah 5000mAh. 

Pengisian cepat. Vendor-vendor yang tidak menggunakan pengisian cepat atau fast charging siap-siap akan ditinggal oleh penggunanya. Ini bisa dipahami mengingat banyak pengguna yang sering bepergian dan tidak mau memiliki smartphone yang pengisian baterainya lama maka mereka akan mencari smartphone dengan pengisian cepat. 

Kamera depan ganda dengan piksel yang besar dan wide angle luas. Selain sensor kameranya yang besar di atas 13MP, sekarang banyak pengguna mencari smartphone dengan wide angle yang luas minimal 120 derajat sehingga pengambilan gambar untuk foto selfie dan wefie lebih banyak orang dan lebih luas. 

Kamera belakang ganda dengan piksel yang besar dan wide angle luas. Kamera belakang dengan sensor besar di atas 16MP akan diburu pengguna smartphone. Selain itu foto yang memiliki wide angle yang luas akan diburu pengguna smartphone yang hobi fotografi. 

Jaringan 4,5 dan 5G. Selama ini pengguna smartphone pasti akan mencari smartphone yang sudah memiliki jaringan 4G, tetapi di tahun 2018 diprediksi smartphone yang sudah mendukung jaringan 4,5G atau 5G semakin diminati oleh pengguna di tanah air. 

Sensor Keamanan. Untuk keamanan selama ini banyak smartphone yang sudah menggunakan sensor sidik jari. Tetapi di tahun 2018 ini diprediksi banyak vendor yang mencari alternatif selain sensor sidik jari seperti sensor retina mata untuk keamanan smartphonenya. 

Semakin sedikit tombol. Di tahun 2018 diprediksi semakin sedikit tombol yang disematkan pada smartphone termasuk tombol volume, back atau yang lainnya.

Speaker menggelegar. Walaupun speaker smartphone berukuran kecil tetapi banyak pengguna yang meninginkan suara yang dihasilkan dari smartphonenya memiliki kualitas yang baik dan menggelegar sehingga saat memutar musik, video atau bermain game suaranya lebih keren.  

Itulah fitur-fitur smartphone yang diprediksi akan tren di tahun 2018, tetapi bisa saja muncul inovasi dan kejutan-kejutan baru yang akan muncul di tahun 2018
Disqus Comments